Congklak MEDIS (Mathematics and Science); Education Games Berbasis Outbound Learning Solusi Inovatif dalam Meningkatkan
Kognitif Anak Usia Dini
Ummi Hayati, Riska Aulia Sartika, dan Yulianti
Universitas Muhammadiyah Makassar
ABSTRAK
Kualitas pendidikan disuatu negara berbanding lurus dengan kualitas masyarakatnya dan maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kreativitas pendidikan itu sendiri. Mencetak sumber daya manusia yang bermutu dan handal serta mampu berkompetensi dalam segala bidang diperlukan proeses pendidikan. Proses pembelajaran akan lebih bagus apabila disesuaikan dengan peringkat kognitif anak. Anak hendaknya banyak diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen dengan objek fisik dan dukungan dari orang sekitarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis menawarkan solusi dengan Congklak MEDIS (Mathematics and Science); Education Games BerbasisOutbound Learning Solusi Inovatif dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini. Metode dalam penulisan ini menggunakan library research (studi kepustakaan) yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Teknik analisis data yaitu menggunakan 3 tahap yaitu reduksi, penyajian, dan penyimpulan data. Penulisan karya ini bertujuan untuk mengetahui konsep serta kelebihan dan kekurangan dari permainan ini sehingga dapat meningkatkan kognitif anak usia dini. Permainan ini merupakan permainan edukasi yang berbasis outbound learning dengan menggunakan question card sebagai sebuah challenges yang harus dilewati dari permainan congklak MEDIS ini. Dengan adanya game ini mampu meningkatkan kemampuan motorik halus, kemampuan numerik, melatih daya konsentrasi, dan melatih perkembangan kognitif anak serta tumbuh menjadi anak yang ceria dalam belajar sambil bermain.
Kata Kunci: Congklak MEDIS, Outbound Learning, Kognitif, Usia Dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar