Sabtu, 15 Juli 2017

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas VIII A SMP Nasional Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

ABSTRAK



Sarman, dkk. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas VIII A SMP Nasional Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

Hampir semua sekolah mengalami masalah akan rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya minat belajar siswa. Banyakya waktu siswa yang dipergunakan untuk bermain merupakan salah satu penyebab kurangnya minat siswa untuk belajar, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Perlunya peran guru dalam pemecahan masalah tersebut sangat diharapkan sehingga masalah tersebut dapat teratasi. Oleh karena itu, seorang guru haruslah mewujudkan tujuan pembelajaran dengan menggunakan komponen, pendekatan dan berbagai metode pengajaran. Pemilihan model, metode strategi dan pendekatan dalam situasi kelas sangat penting. Dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dengan kondisi psikologis siswa, maka dapat membantu siswa untuk menggunakan waktunya dengan seefisien mungkin, sehingga siswa mudah memahami pelajaran matematika. Atas alasan diatas maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian menggunakan salah satu model Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi yang melibatkan siswa bekerja secara kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama (Eggen and Kauchachak, 1996:279 dalam Trianto, 2007:42). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA  SMP Nasional Makassar melalui pembelajaran kooperatif model Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara bersiklus. Pelaksanaannya akan direncanakan dua siklus, setiap siklus berlangsung Selama 5 kali pertemuan, yang terdiri dari 4 kali pertemuan untuk pelaksanaan tindakan (proses belajar mengajar) dan 1 kali pertemuan untuk pemberian tes hasil belajar matematika (tes diklus).


Key words : Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif, dan Model Missouri Mathematics Project (MMP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar